Wednesday, May 18, 2011

Tehnik Mancing Di Kolam

Warna Umpan dan Timing Mancing yang Pas

Ikan mas dan sebangsa ikan lainnya buta warna alias melihat sesuatu hitam, putih, kelabu. Beberapa pakar mancing termasuk pakar biologi menyebut begitu. Lantas apa gunanya warna pada umpan terutama umpan mancing laut yg umpan buatannya berwarna-warni ? Sebenarnya warna umpan tadi bila dikonversi ke mata ikan akan menghasilkan pendar warna kelabu yg berbeda. Kalo dipersempit ke ikan mas galatama mungkin dipercaya warna umpan yg dipakai apakah merah, hijau, coklat kebetulan disukai ikan.

Sedangkan urut-urutan ikan galatama dalam menanggapi umpan sbb. :

1. Getaran
Getaran (kita menyebutnya suara) terjadi pada saat umpan dijatuhkan, ini menjadi daya tarik utama ikan yg lapar. Tentunya tidak berlaku pd ikan mas liar (pd habitat alami), ikan mas besar/ikan mas yg ada dekat lapak karena getaran yg berlebihan malah akan membuat lari ikan tsb.

2. Warna umpan
Warna spt disebut diatas yg dipercaya sbg warna makanan yg biasanya dimakannya. Pemilihan warna umpan akan berbeda tidak saja dari empang satu ke empang yg lain bahkan pada satu empang galatama dgn lapak yg berbeda.
Untuk memilih warna umpan, tentunya disesuaikan dgn karakteristik empang tempat mancing. Untuk empang yang telah biasa dikunjungi tentu mudah menentukan warna umpan yang sesuai tetapi bila empang itu baru saja atau belum lama kita bertanding di situ. Maka saya terbiasa memakai warna umpan coklat alias warna pelet atau hijau-nya essens pandan. Kecuali untuk empang non galatama (isi ikan baru) saya lebih memilih warna umpan kuning-nya ubi atau putih-nya kroto.

3. Bau atau Aroma
Aroma yang disukai ikan mas galatama dapat bermacam-macam. Banyak faktor yg mempengaruhi kita dalam memilih aroma umpan. Bila anda sering mancing hanya di satu empang galatama saja, nantinya anda akan hapal ikan yg mana yg memakan umpan tersebut.

No comments:

Post a Comment